Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan Jokowi Pamerkan Monorel di Monas

Kompas.com - 04/06/2013, 18:47 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Joko Widodo akan memamerkan prototipe kereta monorel di Monas, Jakarta, pekan depan. Dengan pameran itu, Jokowi berharap bisa masyarakat mendapatkan pemahaman lebih konkret mengenai alat transportasi itu.

 

 

 

 

"Nanti (kereta) monorelnya yang dari INCA dan yang dari China, dipasang di depan Monas supaya semua bisa lihat," ujar Jokowi, usai rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Selasa (4/6/2013) siang.

"Biar masyarakat pada nyoba buka pintunya gimana, tutup pintunya gimna, duduk di monorel kayak apa. Harus dicoba, biar enggak keliru nanti," lanjut Jokowi sambil diiringi oleh tawa khasnya.

Pameran itu merupakan bagian dari rencana Pemprov DKI membangun sistem transportasi cepat massal. Kelanjutan rencana tersebut menunggu dokumen financial closing di konsorsium.

Proyek pembangunan monorel bernilai Rp 17 triliun. Nantinya, akan dua dua rute monorel, yaitu Rute Hijau sepanjang 14,5 kilometer dan Rute Biru sepanjang 15,5 kilometer.

Rute Hijau akan melintasi Kuningan - Kuningan Sentral - Gatot Subroto - Senayan - Asia Afrika - Pejompongan - Karet - Dukuh Atas - kembali ke Kuningan.

Adapun Rute Biru akan melintasi Kampung Melayu - Tebet - Kuningan -Casablanca - Tanah Abang - Roxy - Taman Anggrek (Jakarta Barat) dengan tambahan jalur ke wilayah timur dari Pondok Kelapa - Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan PT Jakarta Monorel sebagai pelaksana proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com