Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopaja AC S-620 Terinspirasi dari Macet pada Hari Libur

Kompas.com - 05/06/2013, 14:53 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Operasional Kopaja Nanang Basuki mengatakan, saat ini kemacetan di Jakarta tidak hanya terjadi pada hari kerja, tetapi juga pada hari libur. Banyaknya masyarakat yang pergi ke tempat wisata turut menyebabkan kemacetan tersebut. Hal itulah yang mendasari diluncurkannya Kopaja AC S-602 untuk rute Ragunan-Tugu Monas.

"Di Jakarta ini kita lihat kemacetan tidak hanya terjadi saat hari kerja, tapi saat hari libur pun di beberapa titik juga terjadi kemacetan. Untuk itu kita luncurkan Kopaja AC jurusan Ragunan-Monas karena dua lokasi tersebut adalah ikon wisata," kata Nanang di sela-sela acara peluncuran Kopaja AC di Terminal Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2013).

Selain itu, kata Nanang, trayek yang dilewati Kopaja S-602 juga melalui lokasi-lokasi perkantoran. Dengan begitu, hal tersebut diharapkan dapat turut mengurangi jumlah pengguna kendaraan pribadi bagi warga yang hendak berangkat ke kantor.

"Mampang, Buncit, Gatot Subroto, dan Semanggi itu daerah perkantoran. Para pekerja bisa langsung transit dan terminal akhir di Monas," ungkap Nanang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, Pemprov DKI juga berencana menambah jumlah bus sekolah setiap tahunnya. Hal itu juga bertujuan mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Bus sekolah tiap tahunnya ditambah, sekitar 20-an. Bus sekolah ini bukan profit, tapi gratis. Saat ini bus sekolah baru sekitar 80 yang beroperasi. Kita inginkan sebenarnya sampai 400-an. Jadi memang perlu waktu beberapa tahun," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com