Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Sidang Hercules Diperlonggar

Kompas.com - 10/06/2013, 11:38 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamanan sidang kasus premanisme dengan terdakwa Hercules Rosario Marshal terlihat lebih longgar dari sidang sebelumnya. Saat ini, polisi hanya menerjunkan 400 personel untuk menjaga keamanan sidang yang dilangsungkan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat ini.

Pada sidang perdana yang dilangsungkan pada 30 Mei 2013, jumlah personel polisi yang mengamankan jalannya sidang mencapai 700 personel. Pihak kemanan ini merupakan petugas gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Barat, dan Polsek Metro Palmerah.

Untuk pengamanan pada sidang kedua pada 3 Juni 2013, jumlah personel yang mengamankan jalannya sidang Hercules berkurang menjadi 500 personel.

"Untuk pengamanan hari ini, jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 400 personel. Sebagian personel kita sedang ada acara latihan," terang Kapolsek Metro Palmerah Kompol Slamet ketika ditemui di PN Jakbar, Senin (10/6/2013).

Slamet mengatakan, pengurangan jumlah personel dipertimbangkan melihat sidang-sidang sebelumnya yang berjalan aman dan lancar. Akan tetapi, personel tambahan selalu siap untuk dikerahkan secara situasional.

"Jika nanti diperlukan, nanti akan meminta bantuan ke Polres dan Polda," ujarnya.

Terkait jadwal agenda sidang Hercules berbarengan dengan sidang vonis terhadap terdakwa teroris Tambora, Thorik, Slamet mengatakan, untuk penjagaan, kedua sidang ini akan disatukan pengamanannya.

Pantauan Kompas.com di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, hanya beberapa polisi yang berjaga di dalam area pengadilan, sedangkan yang lainnya berada di luar pagar pengadilan.

Terdapat satu mobil barakuda dan satu water cannon yang terparkir tepat di samping pintu masuk pengadilan. Sementara itu, polisi dengan bersenjatakan lengkap terlihat berada di dekat mobil tersebut melihat-lihat situasi.

Hercules ditangkap pada 8 Maret 2013 di Pertokoan Tjakra Multi Strategi, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Bersama dengan 45 anak buahnya, Hercules diringkus oleh Sub Direktorat Resmob Polda Metro Jaya.

Berdasarkan laporan masyarakat, Hercules dan kelompoknya dianggap sering meresahkan karena melakukan aktivitas premanisme di lokasi tersebut. Selain itu, polisi juga menemukan senjata api dan senjata tajam di kediaman Hercules yang terletak di Perumahan Kebon Jeruk Indah, tak jauh dari pertokoan ketika dia ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com