Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undang Raja-raja Sedunia, Jokowi Promosikan Jakarta Berbudaya

Kompas.com - 11/06/2013, 15:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) akan menggelar pagelaran agung keraton sedunia pada akhir tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, acara itu akan dihadiri oleh raja-raja dari seluruh nusantara dan dunia, seperti Asia, Eropa, dan Afrika.

"Tadi kami berbicara mengenai pagelaran agung keraton sedunia, awal Desember nanti dan kita akan undang raja-raja seluruh dunia," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Pagelaran agung keraton sedunia itu rencananya akan diselenggarakan pada 5 hingga 8 Desember 2013 dan berlokasi di Jakarta Convention Centre (JCC). Konsep acara itu, kata Jokowi, seperti karnaval raja-raja dengan membawa kereta kencana di Jakarta, pameran pusaka-pusaka bersejarah, pakaian daerah, adat istiadat, serta acara kuliner dari nusantara dan seluruh dunia.

Mantan Wali Kota Surakarta itu berharap, melalui pagelaran agung tersebut, Pemprov DKI dapat membangun brand dan image Jakarta sebagai ibu kota yang berbudaya. "Selanjutnya memang kita ingin potensi kekuatan keraton, kekuatan budaya nusantara kita, itu bisa dikenal seluruh dunia. Targetnya ke sana, kita ingin angkat itu," kata Jokowi.

Ia menyebutkan, saat ini sudah banyak kota di Indonesia yang mengonfirmasi untuk mengikuti pagelaran agung keraton tersebut. Konfirmasi kedatangan juga disampaikan oleh Kerajaan Monako dan Kerajaan Belanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com