Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Buat Instruksi Penggunaan Tas Daur Ulang di Mal

Kompas.com - 11/06/2013, 18:20 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana membuat payung hukum yang mengatur penggantian plastik dengan tas daur ulang di pusat perbelanjaan di Jakarta. Saat ini, Jokowi tengah menguji coba hal tersebut melalui imbauan dan sosialisasi hingga Juli 2013.

"Satu bulan ini baru uji coba. Kalau efektif, mau kita teruskan ke instruksi gubernur," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013) sore.

Jokowi mengatakan, sebelum membuat instrusi gubernur tentang penggunaan tas daur ulang itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan evaluasi uji coba diet plastik selama sebulan ke depan. Jika kebijakan itu tidak efektif, masa uji coba bisa saja diperpanjang dalam waktu tertentu.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan, kebijakan tersebut sudah lama didengungkan. Pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi pilot project program tersebut hingga dinyatakan berhasil.

"Masih diformulasikan paling tidak. Sekarang sudah mulai, misalnya Superindo yang selama ini menggunakan bahan-bahan styrofoam," ujarnya.

Jokowi telah memberikan surat edaran ke setiap pusat perbelanjaan di Jakarta dan meminta pengelola pusat perbelanjaan mengganti plastik pembungkus barang dengan tas daur ulang yang ramah lingkungan. Imbauan ini berlaku selama satu bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com