Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Juli, Uji Coba Pesta Rakyat di Monas

Kompas.com - 11/06/2013, 20:41 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar pesta rakyat pada bulan depan. Pesta rakyat itu akan mengakomodasi para pelaku usaha kecil dan menengah.

"Juli nanti akan kami selenggarakan uji cobanya di Monumen Nasional (Monas)," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Basuki mengatakan, acara ini hanya pesta rakyat berskala kecil yang dapat menampung usaha mikro, rumah tangga, dan menengah. Basuki merencanakan penyelenggaraan pesta rakyat itu dilakukan setahun sekali.

Saat ini, Pemprov DKI tengah menggarap detail engineering design (DED) ruang bawah tanah di Monas. Ruang bawah tanah itu akan digunakan sebagai lahan parkir dan ruang pameran besar yang dapat langsung terhubung dengan Stasiun Gambir. Basuki berharap ruang bawah tanah itu mulai dikerjakan tahun depan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menampik anggapan penyelenggaraan pesta rakyat di Monas akan menimbulkan kemacetan di jantung Ibu Kota. Ia tak memungkiri bahwa tempat paling ideal dalam menyelenggarakan pesta rakyat adalah di area Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat, yang memiliki luas 44 hektar.

"Sekarang memangnya di Kemayoran tidak macet? Tapi, masalahnya kami itu ingin punya tempat untuk menampung orang yang tidak sanggup masuk ke tempat yang PT JIExpo bikin," kata Basuki.

Basuki telah memerintahkan Asisten Pemerintahan Sylviana Murni untuk mengevaluasi peraturan daerah tentang penyelenggaraan PRJ. Di samping itu, Pemprov DKI juga akan mempelajari sisi hukum penyelenggaraan agenda tahunan itu, apakah harus memakai PT JIExpo sebagai penyelenggara tunggal atau memang boleh dialihkan ke penyelenggara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com