Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Di Negara Maju, Pakai Plastik Bayar

Kompas.com - 14/06/2013, 13:00 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berharap agar pihak mal secara bertahap dapat menghilangkan kebiasaan mereka untuk menggunakan kantong plastik. Menurut Basuki, di negara-negara maju, saat ini sudah menggunakan kantong daur ulang dan meninggalkan plastik sebagai keperluan mereka. Untuk dapat menggunakan plastik, warga dikenakan biaya tinggi oleh pemerintah tersebut.

"Iya, kan kalau di negara-negara maju, orang kalau mau pakai plastik itu harus bayar. Sehingga orang-orang sudah bawa kantong dari rumah dan tidak lagi pakai plastik," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, uji coba penggunaan kantong daur ulang di mal akan dijalankan selama satu bulan. Jika dinilai berhasil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan kebijakan yang sama di tempat-tempat perdagangan lainnya, termasuk pasar tradisional di DKI Jakarta.

"Kita harus mulai biasakan secara bertahap. Kenapa mal dulu yang dipilih? Karena mereka gampang untuk kita kontrol dulu," kata Basuki.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluarkan surat edaran Nomor 6 Tahun 2013. Surat tertanggal 3 Juni 2013 itu berisi larangan penggunaan kantong plastik dan imbauan menggunakan kantong daur ulang kepada pengelola pusat perbelanjaan di Jakarta.

Meski kebijakan itu ditanggapi positif, pengelola pusat perbelanjaan menyarankan agar kebijakan yang sama juga diterapkan di pasar tradisional. Mereka menganggap pasar tradisional adalah penyumbang sampah plastik yang cukup besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com