Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Depan WTC Mangga Dua Banjir, Tranjakarta Tak Sampai Ancol

Kompas.com - 14/06/2013, 15:13 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir rob yang menggenangi Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, tepat di depan WTC Mangga Dua, dan permukiman sekitar, menyebabkan aktivitas transjakarta Koridor V terganggu. Bus tersebut tak bisa menembus selter akhir.

"Busway Koridor V jurusan Kampung Melayu-Ancol hanya bisa sampai Jembatan Merah saja. Karena jalur di Gunung Sahari terendam rob," ujar Muhammad Akbar, Kepala BLU Transjakarta, saat dihubungi wartawan, Jumat (13/6/2013).

Akibat kondisi itu, para penumpang transjakarta terpaksa turun di selter Jembatan Merah saja dan tidak bisa meneruskan ke dua selter berikut serta shelter akhir. Akbar pun mengaku tidak dapat berbuat apa-apa atas kejadian tersebut.

"Kami tak bisa memastikan kapan beroperasi seperti biasa lagi. Kami terus monitor ketinggian air. Kalau rob surut dan jalurnya memungkinkan dilalui transjakarta, kami akan buka lagi," lanjut Akbar.

Akbar mengaku tidak bisa memastikan berapa nilai kerugian atas kondisi itu. Namun, Akbar mengaku pihaknya lebih prihatin terhadap nilai kerugian sisi sosialnya ketimbang nilai rupiahnya.

Ia pun berharap kondisi tersebut cepat berlalu. Sebelumnya, rob di wilayah Pademangan disebabkan oleh naiknya muka air laut. Selain itu, pompa penyedot di Pintu Air Ancol Timur rusak. Akibatnya, air payau setinggi 40 hingga 50 cm itu pun menggenang di sejumlah jalan di area itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com