Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT JIExpo: PPKD Bukan Tandingan Kami

Kompas.com - 15/06/2013, 16:26 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Marketing PT Jakarta International Expo (PT JIExpo) Ralph Scheunemann merasa tak tersaingi dengan penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) DKI 2013 oleh Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, pihak media lah yang membuat opini kalau PPKD merupakan Pekan Raya Jakarta (PRJ) tandingan Jakarta Fair yang diselenggarakan PT JIExpo.

"Itu kan kata wartawan, kalau acara itu adalah PRJ tandingan. Tapi bagi kami, itu bukan PRJ tandingan. Bagi kami, kami tetap menjalankan Jakarta Fair," kata Ralph, di arena PRJ Kemayoran, Sabtu (15/6/2013).

Apabila Pemprov DKI ingin membuat pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pihak PT JIExpo mendukung penuh. Namun, di sisi lain, PT JIExpo akan tetap menyelenggarakan Jakarta Fair dengan konsep yang sama dengan sebelumnya dan tidak dapat lagi diubah. Bahkan, Ralph menyarankan, pameran produk UMKM itu dapat diselenggarakan di lima wilayah di Ibu Kota, dan bukan di arena PRJ Kemayoran yang luasnya mencapai 44 hektar tersebut.

"Bisa saja Pemda bikin acara di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan sebagainya. Tidak harus diselenggarakan di Kemayoran sini. Kita tetap jalan sebagai induknya dan didukung oleh yang lain," kata Ralph.

Lebih lanjut, Ralph menjelaskan kalau PPKD sudah berlangsung tiap tahunnya di DKI, dan diselenggarakan di Balai Kartini. Hanya saja, untuk tahun ini, pagelaran tersebut dipindahkan ke Monumen Nasional (Monas) dan dianggap sebagai embrio PRJ yang akan diselenggarakan DKI ke depannya.

Berdasarkan konsepnya saja, kata dia, sudah berbeda jauh. Konsep Jakarta Fair oleh PT JIExpo adalah kombinasi dan perpaduan usaha swasta dan UKM.

"Kita lihat saja dan kita dukung itu. Kita ini pameran terbesar yang terus mendongkrak perekonomian yang meluber. Meluber di sini misalnya saja, sepanjang Jalan Benyamin Syuaeb banyak berjejer pedagang kerak telor. Mereka bukan kita yang kelola, tapi itu justru menciptakan nafkah hidup bagi mereka," kata Ralph.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013. PPKD 2013 diselenggarakan mulai 14 hingga 16 Juni 2013 di Lapangan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI sekaligus Ketua Penyelenggara PPKD 2013 Andi Baso Mappapoleonro mengatakan PPKD 2013 merupakan salah satu acara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi DKI Jakarta ke-486.

Selain itu, kegiatan tersebut dapat menjadi embrio bagi penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang baru. Wacana pemindahan PRJ ke Monas sudah menjadi perhatian khusus para pelaku bisnis, khususnya pengusaha mikro dan kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com