Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggulangi Rob, Dinas PU Perbaiki Pompa Rusak

Kompas.com - 15/06/2013, 20:36 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta tengah memperbaiki pompa air di Pademangan, Jakarta Utara. Ia berharap, perbaikan pompa tidak lagi menyebabkan banjir rob di kawasan tersebut.

"Kita lagi perbaiki. Ada tiga pompa, dua pompa itu sudah rusak dari dua tahun lalu," ujar Basuki kepada wartawan, Sabtu (15/6/2013) siang.

Basuki mengatakan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan menginventarisasi pompa air milik Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta. Ia akan meminta Kementerian PU untuk membangun sebuah rumah pompa baru di kawasan Ancol, Pademangan. Basuki memprediksi pembangunan rumah pompa baru tersebut akan menelan biaya Rp 500 miliar yang akan diambil dari APBN 2014.

"Rumah pompa yang di Pasar Ikan, mungkin akhir tahun selesai. Yang di Muara Baru kita selesaikan tahun depan. Mudah-mudahan tidak banjir rob lagi," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Banjir rob di wilayah Pademangan terjadi sejak Kamis (13/6/2013) yang disebabkan oleh naiknya muka air laut. Selain itu, pompa penyedot di pintu air Ancol timur rusak. Akibatnya, pasang air laut setinggi 40 hingga 50 cm menggenangi sejumlah jalan di area itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com