Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Hujan Berlangsung Hingga Sore, Ada Jeda

Kompas.com - 17/06/2013, 10:25 WIB
Zico Nurrashid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota ini akan berlangsung sampai sore hari. Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan terjadi pada siang dan sore hari.

Hujan yang masih terjadi di musim kemarau ini terjadi karena masih hangatnya suhu permukaan laut di sebelah barat Indonesia. Hujan ini pun diperkirakan akan berlangsung sampai dua hingga tiga hari ke depan.

"Saat ini Indonesia sedang mengalami musim kemarau basah. Artinya, intensitas hujan pada musim kemarau ini masih ada. Diperkirakan hujan seperti ini masih akan ada hingga dua atau tiga hari kedepan. Kalau untuk keseluruhan, diperkirakan sampai awal Agustus," kata Harry, Humas BMKG saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/6/2013).

Hujan yang berlangsung saat ini menurut BMKG berlangsung merata di wilayah Jakarta. Hujan diperkirakan akan turun dengan deras pada siang dan sore hari, akan tetapi akan ada jeda. Secara keseluruhan, hujan akan berlangsung sedang ringan.

"Secara keseluruhan hujan ini turun dengan itensitas sedang ringan. Tapi jika dilihat dari pantauan awan, hujan dengan intensitas tinggi akan turun pada siang dan sore hari," jelas Harry.

Harry mengatakan, masyarakat diminta untuk waspada terhadap kemungkinan akan terjadinya banjir. Karena suhu permukaan air laut yang masih hangat, sangat memungkinkan hujan akan turun sepanjang bulan ini hingga awal bulan Agustus.

"Untuk banjir, BMKG meminta agar masyarakat waspada, karena itensitas air hujan masih cukup tinggi," ujar Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com