Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Akan Naik, Jero Wacik Kena Getahnya

Kompas.com - 17/06/2013, 11:56 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pedemo yang menolak kenaikan harga BBM bersubsidi telah tiba di depan Gedung DPR, Senayan. Mereka langsung memasang belasan spanduk yang tulisannya menolak kenaikan harga BBM.

Deretan spanduk-spanduk tampak telah menghiasi bagian depan Gedung DPR RI, Senin (17/6/2013), sekitar pukul 10.30 WIB. Spanduk-spanduk tampak dipasang baik di pagar depan gedung maupun di pagar pembatas tol dalam kota, persis di depan wakil rakyat tersebut.

Spanduk-spanduk tersebut di antaranya bertuliskan "Pecat Menteri Banci Jero Wacik", "Tangkap dan Penjarakan Mafia dan Pengemplang Pajak Penyebab Defisit APBN" dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia, dan "BBM Naik Upah Buruh Tergerus" dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Salah satu orator aksi unjuk rasa dari FSPMI, Nurdin, menegaskan, tujuan aksi mereka pada hari ini untuk mengawal jalannya rapat yang akan dilaksanakan oleh anggota DPR untuk menentukan apakah BBM naik atau tidak.

"Kita tegaskan bahwa kita menolak kenaikan BBM, walaupun akan dijanjikan akan diberi Balsem (BLSM). Karena kita tahu, Balsem tidak akan kita nikmati, tetapi akan dinikmati oleh oknum mereka-mereka (Pemerintah) juga," ucap Nurdin.

Pengamatan Kompas.com, sejumlah massa telah berkumpul di depan Gedung DPR RI sekitar pukul 10.15 WIB, atau selepas redanya hujan. Adapun elemen massa yang berkumpul terdiri dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM), dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia. Diperkirakan jumlahnya sekitar 500-an orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com