Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan "Water Cannon" Bersiaga di Depan Istana

Kompas.com - 17/06/2013, 12:10 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, ribuan petugas keamanan dikerahkan di sejumlah titik demo. Di depan Istana Merdeka, terdapat ratusan petugas dari satuan kepolisian dan TNI yang ditunjang oleh belasan mobil water cannon.

Pantauan Kompas.com di lokasi, personel kepolisian dan TNI sudah bersiap menyambut pendemo di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Mereka berpakaian lengkap dengan menggunakan tameng dan pentungan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas kepolisian sudah menyiapkan mobil water cannon yang saat ini sudah terparkir berjajar di area kompleks Monumen Nasoinal, tepatnya gerbang barat, di depan Istana Merdeka. Selain itu, beberapa petugas kepolisian juga sudah berjaga di depan gedung-gedung pemerintahan yang berada di sekitar kawasan Monas, seperti gedung Kemenkoinfo, Kemenkokesra dan Kementrian Perhubungan yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat.

Di pintu gerbang masing-masing gedung itu terdapat sekitar 30 orang polisi yang berjaga. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol mengatakan, sedikitnya 7.500 personel kepolisian dan 1.000 anggota TNI dikerahkan untuk menjaga jalannya aksi unjukrasa di sejumlah tempat di Jakarta Pusat. Termasuk Istana Negara dan gedung MPR/DPR RI.

"Penambahan jumlah personel akan dilakukan jika dibutuhkan, tergantung situasinya", jelas Yoyol di depan Istana Negara, Senin (17/6/2013).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com