Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa HMI Coret-coret SPBU dan Tutup Jalan Cikini Raya

Kompas.com - 17/06/2013, 18:27 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 30 orang anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi unjuk rasa dengan menutup Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2013) sore. Sebelumnya, mereka mendatangi SPBU Cikini dan mencoret-coret tembok depan SPBU serta mencabut spanduk-spanduk yang terpampang di SPBU.

Aksi yang dilakukan sejak sekitar pukul 16.30 WIB itu dilakukan sebagai sikap menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Setelah mencorat-coret dinding SPBU, para demonstran menutup jalan di depan salah satu restoran cepat saji Jalan Cikini Raya. Mahasiswa membentangkan spanduk, bendera, serta ban bekas di jalan tersebut.

Aksi mereka ini mendapatkan pengawalan dari sejumlah aparat Polsek Metro Menteng yang bermarkas tak jauh dari lokasi tersebut. Asap yang ditimbulkan dari pembakaran ban itu membumbung tinggi, mereka bernyanyi dan meneriakkan yel-yel menentang kenaikan harga BBM.

"Itu minyak di Pertamina milik rakyat. Sekarang sudah diambil lagi oleh asing. Kita harus rebut kembali," kata Ketua Umum HMI cabang Jakarta Pusat Awaludin, Senin.

Akibat penutupan jalan ini, arus lalu lintas di Jalan Cikini Raya mengalami kemacetan hingga Tugu Tani. Para pengendara yang melintas di Jalan Cikini Raya mengarah Jalan Diponegoro harus melewati area parkir salah satu makanan siap saji di dekat aksi unjuk rasa tersebut. Pengendara yang akan berbelok menuju Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, terpaksa mencari jalan lain karena mahasiswa menutup akses jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com