Selasa, 23 September 2014

News / Megapolitan

Jokowi: Tema Jakarnaval 2013, "Ondel-ondel"

Selasa, 18 Juni 2013 | 20:38 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar Jakarnaval pada 30 Juni 2013. Acara itu, menurut rencana akan diikuti oleh 1.500 orang, yang terdiri dari 500 siswa SMA, 500 orang dari komunitas-komunitas, dan 500 orang pegawai negeri sipil. Panitia juga berencana mengundang pelajar SMA dari daerah lain, antara lain Jember, Magelang, Solo, dan Kutai.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jakarnaval berbeda dari karnaval pada tahun-tahun sebelumnya karena semua peserta dilibatkan dalam persiapannya.

"Kalau ini dibangun dari bawah, anak terlibat, ada prosesnya, workshop-nya, mendesain sendiri meski ada yang memandu. Kalau dulu kan tiba-tiba, tahu-tahu ada saja karnaval," ujar Jokowi.

"Tahun ini temanya ondel-ondel, tahun besok bisa gambang keromong, tahun depannya lagi bisa tanjidor, bisa macam-macam. Biar enggak bosan," lanjutnya. 

Jokowi juga mengatakan akan menjadi peserta karnaval itu. Ketika ditanya soal kostum yang akan dipakainya pada acara itu, Jokowi mengaku merahasiakannya supaya menjadi kejutan untuk masyarakat. Ia hanya mengatakan, "Saya akan naik kuda".


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Tjatur Wiharyo