Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perjalanan Politik Jokowi-Basuki dalam Sebuah Buku

Kompas.com - 19/06/2013, 13:04 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penulis Musni Umar meluncurkan buku berjudul Bang Jokowi dan Bang Ahok Bangun Jakarta Baru di Kampus Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (19/6/2013). Buku tersebut bercerita tentang perjalanan politik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya terkesan dengan mereka berdua. Mereka menawarkan model kepemimpinan yang berbeda. Semoga buku ini memberi manfaat bagi seluruh warga Jakarta," kata Musni saat acara bedah buku di Kampus UKI, Cawang, Jakarta Timur.

Buku itu dicetak dan diterbitkan oleh Institute for Social Empowerment and Democracy (Insed). Buku berwarna oranye itu dicetak dalam 223 halaman dan terbagi dalam lima bab.

Isi buku diawali saat proses Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta akhir tahun 2012 lalu. Selajutnya mengulas perjalanan karier dua pemimpin itu dalam menyelesaikan persoalan Jakarta. Hingga kemudian, penulis menceritakan beragam persoalan yang menghadang Jokowi-Ahok.

Banyak sekali kendala teknis selama penulisan. Namun, Musni bangga dapat menyelesaikan buku itu. "Buku ini saya pandang sebagai partisipasi pembangunan Jakarta," kata Musni.

Awalnya acara bedah buku ini akan dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Namun, Basuki tidak hadir karena menghadiri agenda acara lain.

Pembahas buku Sukotjo Suparto memberi masukan terhadap buku tersebut. Ia menduga buku itu ditulis terburu-buru sehingga di beberapa ulasan proses penyuntingan kurang berjalan baik. Namun, dia mengapresiasi penulisan buku itu karena menambah khazanah mengenai pemimpin Ibu Kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com