Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk HUT Jakarta, Jokowi Minta 500 Petugas Dinas Kebersihan

Kompas.com - 19/06/2013, 15:25 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo telah mengevaluasi aspek kebersihan di Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013. Hasil evaluasi menjadi bahan referensi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggelar Jakarta Night Festival yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-486 DKI Jakarta pada 22 Juni 2013.

Jokowi mengatakan, pihaknya membutuhkan setidaknya 500 petugas kebersihan. Petugas kebersihan tersebut ditugaskan di beberapa titik antara kawasan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka, hingga Bundaran Hotel Indonesia demi menjaga kebersihan dari sampah yang dihasilkan pengunjung.

"Kita sudah minta 500 petugas, mau dari Dinas Kebersihan atau bukan. Kita ingin memberikan pelajaran kepada masyarakat, yang namanya buang sampah harus di tempatnya," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (19/6/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengungkapkan, pihaknya berkaca pada acara PPKD yang digelar 14 hingga 16 Juni 2013 lalu, sampah di acara itu mencapai angka ton. Dengan penempatan para petugas kebersihan itu, ia berharap masyarakat semakin sadar untuk menjaga kebersihan acara.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengaku siap menyediakan sebanyak 500 petugas kebersihan. Malah, ia berencana menambah jumlahnya hingga 800 orang petugas kebersihan dalam acara tersebut.

"Bayangkan saja, berdasarkan pengalaman lalu, peningkatannya 10 persen. Tahun baru kemarin misalnya sekitar 650 ton sampah," ujar Unu.

Peningkatan itu, lanjut Unu, lantaran pengunjung acara tersebut bukan hanya dari Jakarta, melainkan juga dari daerah penyangga, yakni Tangerang, Bekasi, Karawang, dan sebagainya. Unu berharap, 800 petugas kebersihan mampu menjaga jalannya acara malam ulang tahun DKI dengan baik.

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2013, mendatang akan berlangsung sangat meriah. Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama telah mempersiapkan berbagai acara rakyat yang dimulai dari pagi hari. Mulai dari apel HUT di Monas hingga malam muda-mudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com