Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumat Lusa, "Midnight Sale" Serentak di 14 Mal Jakarta

Kompas.com - 19/06/2013, 18:25 WIB
Susi Ivvaty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan belanja tahunan, Festival Jakarta Great Sale 2013, memasuki pekan ketiga sejak digelar pada 1 Juni 2013. Inilah masa puncak undangan berbelanja dari panitia FJGS bagi kaum urban, khususnya Jakarta, yakni pesta belanja berdiskon di malam hari hingga dini hari, grand midnight sale.

Tepatnya pada 21 Juni malam hingga 22 Juni dini hari, 14 pusat perbelanjaan di Jakarta serentak menggelar midnight sale. Panitia FJGS mengklaim midnight sale ini adalah yang terbesar yang pernah ada di dunia.

"Singapura, Malaysia, hingga Hongkong juga belum pernah mengadakan midnight sale sampai bareng-bareng 14 mal. Midnight sale dengan peserta mal terbanyak ini akan dicatatkan di MURI, penyerahan piagamnya dilakukan di Senayan City," kata Wakil Ketua FJGS Yudi Rahmat di Mal Emporium Pluit, Rabu (19/6/2013).

CEO Emporium Pluit yang juga panitia FJGS, Ellen Hidayat, mengatakan, panitia menjamin diskon hingga 70 persen baik di midnight sale maupun sepanjang FJGS bukan diskon jadi-jadian. Potongan harga itu benar-benar diskon, bukan diskon setelah harga dinaikkan terlebih dahulu.

"Untuk barang-barangnya juga berkualitas. Bahkan untuk barang new arrival pun ada diskonnya, meski tidak sampai 70 persen, ya barangkali 10 persen," kata Ellen.

Sebanyak 14 mal peserta midnight sale itu terdapat di lima wilayah administratif Jakarta. Jakarta Selatan paling banyak menggelar midnight sale, yakni di Cilandak Town Square, Kalibata City Square, Kuningan City, Plaza Blok M, Tebet Green, dan The Plaza Semanggi. Di Jakarta Barat, mal yang menggelar acara yang sama adalah Central Park, Mal Matahari Puri Daan Mogot, dan Mal Taman Palem. Mignight sale di waktu yang sama juga diselenggarakan di Mal Kelapa Gading (Jakarta Utara); Arion Mall dan Lippo Plaza Kramat Jati (Jakarta Timur), serta Plaza Senayan dan Senayan City (Jakarta Pusat).

Sebetulnya jumlah mal yang menyelenggarakan midnight sale tersebut lebih dari 14 mal, dari 75 mal yang mengikuti FJGS. Akan tetapi, mal-mal itu memutuskan untuk memilih tanggal lain, tidak bersamaan dengan 14 mal tersebut. Emporium Pluit, misalnya, memilih midnight sale pada 29-30 Juni.

Jumlah pengunjung untuk midnight sale ini diharapkan meningkat hingga tiga kali dari hari-hari biasa. Transaksi belanja juga ditargetkan meningkat hingga 15 persen. Jumlah pengunjung di tiap-tiap mal tentu berbeda.

Meningkat

Hingga 19 hari penyelenggaraan FJGS, tercatat ada kenaikan transaksi sebesar tujuh persen dari transaksi tahun lalu. "Kami optimistis target transaksi Rp 11,8 triliun di FJGS ini bisa terpenuhi," kata Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Satria Hamid Ahmadi tanpa menyebut nilai kenaikan transaksinya.

Panitia FJGS yakin, Jakarta akan menjadi destinasi wisata belanja bagi warganya sendiri. Orang tidak perlu lagi belanja ke Singapura untuk mendapatkan barang-barang berkualitas dan murah. "Saya tahun lalu ke Singapore Great Sale, Bu Ellen tahun ini juga ke sana. Pulang, kami tidak mendapatkan apa-apa karena memang ternyata lebih mahal barangnya. Buat apa berbelanja ke Singapura kalau di sini bisa mendapat harga yang lebih murah," tutur Yudi.

Untuk lebih menggelitik naluri berbelanja kaum urban, panitia FJGS memberi iming-iming undian berhadiah. Caranya, dengan berbelanja Rp 250.000 di 36 mal yang berpartipasi, Anda akan mendapatkan satu shopper card. Selanjutnya, setiap bertransaksi minimal Rp 50.000 (berlaku kelipatannya), Anda akan mendapatkan satu poin undian atau tiga poin undian bagi pengguna kartu kredit BRI.

Para pengumpul poin undian ini bisa memenangkan hadiah utama satu unit mobil VW Touran, tabungan senilai Rp 50 juta dari BRI, puluhan hadiah istimewa dari Samsung, dan hadiah menarik lainnya. Pengundian dilangsungkan pada 10 Juli 2013 di Central Park.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com