Sabtu, 19 April 2014

News / Megapolitan

Jokowi Undang Warga Waduk Pluit Makan Siang

Kamis, 20 Juni 2013 | 22:47 WIB

KOMPAS.COM/Kurnia Sari Aziza Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo melakukan penanaman pohon di daerah sebelah barat Waduk  Pluit, Penjaringan, Jakarta  Utara, Kamis (20/6/2013) sore. Jokowi memanfaatkan kesempatan itu untuk mengundang sejumlah warga makan siang di Balaikota, Jakarta, pada Selasa (25/6/2013).

Jokowi memilih warga yang akan diajak makan secara acak. Ada 18 orang yang diundang Jokowi makan siang.

"Ini saya pilih segini karena bangku di Balaikota itu adanya hanya 18 lah. Jadi, Selasa besok, jangan ajak berapa orang lagi ya, ini saja," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, ia mengundang warga Waduk Pluit makan siang untuk berkomunikasi. Ketika ditanya apakah acara makan siang itu merupakan bentuk pendekatan supaya warga sekitar Waduk Pluit bersedia direlokasi, Jokowi mengatakan, "Politik makan siang gimana? Wong cuma makan siang."

Jokowi juga pernah mengundang beberapa warga sekitar Waduk Pluit untuk makan siang bersamanya di Balaikota, pada Selasa (21/5/2013). Dalam kesempatan tersebut, warga berkeluh kesah kepada Jokowi, berkaitan dengan rencana Pemprov DKI Jakarta merelokasi mereka.

Rencana relokasi warga itu sendiri merupakan bagian dari proyek normalisasi Waduk Pluit. Warga sekitar Waduk Pluit akan direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa di Muara Baru, yang pembangunannya akan diawali dengan peletakan batu pertama oleh Jokowi pekan depan.

Mengenai proyek normalisasi Waduk Pluit, Jokowi menjelaskan bahwa proyek itu tetap berjalan. Sementara proyek berjalan, akan ada kegiatan penanaman pohon di sisi barat waduk itu. Jokowi juga berencana membangun amphiteater di tempat tersebut. 


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Tjatur Wiharyo