Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Pasar di Jakarta Akan Direvitalisasi

Kompas.com - 21/06/2013, 15:28 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lima pasar di Jakarta akan direvitalisasi tahun ini. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, salah satu pasar yang akan direvitalisasi adalah Pasar Blora, Jakarta Pusat.

Pasar Blora berada di sebelah Stasiun Sudirman dan kondisinya pun tidak terawat. "Ada lima pasar yang mau kita revitalisasi, salah satunya Pasar Blora," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Sementara itu, Kepala PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan, pihaknya akan mendesain Pasar Blora untuk terkoneksi dengan transportasi massal berbasis rel atau mass rapid transit (MRT) sehingga pengunjung pasar tersebut dapat memiliki kemudahan untuk mengakses MRT.

Jumlah pedagang Pasar Blora, kata dia, semakin berkurang sebab area tersebut tidak berada di area permukiman warga.

"Desain Pasar Blora nantinya akan diubah dan menyesuaikan sesuai jalur MRT. Pasar Blora merupakan pasar yang sangat padat di tengah kota dan diapit gedung-gedung tinggi," kata Djangga.

Oleh karena itu, ia masih akan menunggu desain dan rute pembangunan MRT tahap pertama dari PT MRT Jakarta sehingga nantinya akan ada kecocokan antara desain dan revitalisasi pasar.

Jika direvitalisasi sebelum adanya kecocokan dengan desain pembangunan MRT, Pasar Blora akan tergusur dan terbongkar akibat pembangunan fisik transportasi massal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com