Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Masuk Blok G, PKL Tanah Abang Cari Lahan Kosong

Kompas.com - 21/07/2013, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tanah Abang bersedia direlokasi ke Blok G yang selama ini tidak ditempati. Namun, sebagian PKL yang menolak memilih mencari lahan kosong.

PKL Tanah Abang pada Sabtu (20/2/2013) malam melakukan koordinasi terkait langkah-langkah yang akan mereka lakukan. Sebab, pada Senin (22/7/2013) besok, akan ada penataan lalu lintas di kawasan Tanah Abang.

"Kemungkinan kami akan memindahkan pedagang Pasar Tasik ke tanah kosong di Jalan Jembatan Tinggi yang disewa PT Adhi Karya. Namun kami belum bisa komunikasi dengan pihak Adhi Karya," kata Abdul Azan, Sekretaris RW 009, Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin.

Pengurus RW 009 Kebon Kacang selama ini yang mengoordinasikan keberadaan pedagang Pasar Tasik yang buka setiap Senin dan Kamis. Mereka biasanya membuka lapak di mobil di sepanjang Jalan Jati Bunder.

Di Jakarta Barat, PKL juga mengokupasi Jalan Bustru di kawasan Mangga Besar, Tamansari. Akibatnya jalan nadi perdagangan di kawasan Glodok ini macet.

Camat Tamansari Paris Limbong mengaku ada sejumlah RW di lingkungannya yang bermain mata dengan PKL. Mereka ini menarik tarif lapak PKL.

"Kalau memang sudah akut dan masif, saya akan minta para ketua RW sekalian saja mengelola PKL. Sekarang ini, kan, enggak jelas uang lapaknya dikemanakan oleh para RW yang memungut uang lapak," ujarnya. (WIN/NEL/NDY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com