Sabtu, 19 April 2014

News / Megapolitan

Benahi Rusun Marunda, Jokowi Contoh Busan

Minggu, 4 Agustus 2013 | 17:55 WIB
KOMPAS.COM/RATIH WINANTI RAHAYU Salah satu blok di Rusun Marunda Cluster B. Saat ini warga membutuhkan transportasi yang menjangkau tempat kerjanya atau pasar.

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo mengaku telah memiliki rencana tata ruang Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara. Untuk konsepnya, Jokowi mengaku mencontoh Kota Busan (Korea Selatan) dan Toyapayo (Filipina).

"Ada public space areanya. Kita niru negara lain yang bagus-bagus, di Busan, Toyapayo," ujar Jokowi seusai membagi sembako bagi warga Rusun Marunda, Jakarta, Minggu (4/8/2013) sore.

Seperti diketahui, kompleks Rusun Marunda telah memiliki 26 blok rusun yang telah dihuni. Masih 9 blok yang belum bisa dihuni lantaran masih membutuhkan renovasi fasilitas. Lima blok di antaranya telah rampung sehingga tersisa empat blok yang belum direnovasi.

Rencananya, kesembilan blok tersebut diperuntukkan bagi warga Waduk Pluit yang terkena program relokasi akibat normalisasi kawasan waduk.

Jokowi mengatakan, pembenahan empat blok Rusun Marunda itu akan terus dikebut. "Baru dicat, baru diperbaiki, sudah hampir rampung. Saya kira dua bulan lagi rampung," ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Kistyarini