Selasa, 30 September 2014

News / Megapolitan

Waduk Pluit Diserbu Warga

Sabtu, 17 Agustus 2013 | 11:58 WIB
Kompas.com/ Robertus Belarminus Suasana sisi barat Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang tengah dalam proses perubahan menjadi ruang terbuka hijau, Jumat (16/8/2013). Perubahan akan dilakukan dalam empat tahap.

JAKARTA, KOMPAS.com — Jelang peresmian oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, taman di sisi barat Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2013) siang, diserbu ratusan warga. Meski belum dimulai, suasana sudah semarak.

Pantauan Kompas.com, taman sisi barat waduk itu telah didesain untuk acara peresmian. Bendera panjang corak merah putih dipasang di sepanjang Jalan Pluit Timur. Sepasang ondel -ondel menyambut di depan pintu masuk taman.

Di dalam taman, terdapat satu panggung kecil yang menyajikan acara musik. Di sisi lain, tampak berdiri enam tiang panjat pinang dengan sebuah tenda bagi warga yang ingin menontonnya. Meski acara belum dimulai, warga telah berkerumun di dua titik tersebut.

Ida (56), salah seorang warga di sekitar Waduk Pluit, mengaku sengaja datang ke taman sisi barat waduk untuk menonton peresmian taman tersebut oleh sang Gubernur. Wanita yang sudah setuju dengan program relokasi itu pun mengaku antusias jika ada taman bermain bagi anak-anaknya.

"Nggak apa-apa kita pindah. Di sini jadi cakep. Buat anak saya main," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan normalisasi waduk sekaligus penataan kawasan di sekitarnya. Hingga empat bulan program itu berlangsung, pengerukan telah mengerjakan sekitar 30 persen.

Dari empat sisi waduk, baru sisi barat saja yang lahannya berhasil dibebaskan dan dibuat ruang terbuka hijau. Taman sisi barat itu memiliki luas 5 hektar dengan pembagian 1 hektar untuk instalasi pengolahan air limbah, 2 hektar untuk ruang penyerapan air, dan 2 hektar untuk pembangunan taman.

Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Kistyarini