Jumat, 28 November 2014

News / Megapolitan

Perusahaan yang Tutup di KBN Cakung Belum Beri Laporan

Senin, 19 Agustus 2013 | 18:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com– Empat perusahaan Korea Selatan yang dikabarkan tutup operasi di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Jakarta Timur, belum memberi laporan. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta belum menerima terkait nasib karyawan dan laporan lain dari perusahaan yang bersangkutan. Saat ini Dinas Tenaga Kerja sedang menurunkan tim khusus melihat situasi di lapangan yang sesungguhnya terjadi.

Laporan adanya empat perusahaan Korea Selatan yang tutup itu disampaikan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia Sarman Simanjorang hari ini. Empat perusahaan yang dimaksud adalah PT Winer 3, PT Hansol 1, PT Hansai 5, dan PT Olimpic yang berusaha di bidang garmen.

"Seharusnya mereka memberi laporan. Bukan hanya terkait penutupan, tetapi juga terkait karyawannya. Bagaimana dengan nasib mereka, apakah hak-haknya sudah dipenuhi. Sejauh ini empat perusahaan yang dikabarkan tutup itu belum memberi laporan kepada kami," kata Priyono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta, Senin (19/8/2013).

Hal yang sama disampaikan bagian Human Recources Development PT KBN Sudiro. Menurutnya, empat perusahaan yang dikabarkan tutup juga belum memberi laporan kepadanya. Kalaupun memang tutup, menurut Sudiro, dalam hal industri garmen sudah menjadi peristiwa biasa.

"Di tempat kami (KBN), sudah biasa masuk-keluar investor garmen. Mereka biasanya melakukan subkontraktor ke pihak lain, subkontraktor ini masih ada saat ini," kata Sudiro.


Penulis: Andy Riza Hidayat
Editor : Laksono Hari Wiwoho