Dubes Jepang Bawa Dua Pesumo Temui Jokowi - Kompas.com

Dubes Jepang Bawa Dua Pesumo Temui Jokowi

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 23/08/2013, 10:34 WIB
Fabian Januarius Kuwado Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diapit dua atlet sumo asal Jepang Kakuryu dan Koto Shogiku di Balaikota DKI, Jumat (23/8/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo menerima tamu istimewa di Balaikota, Jakarta, Jumat (23/8/2013) pagi. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori datang membawa dua atlet sumo asal Jepang, Kakuryu dan Koto Shogiku.

Usai pertemuan, Yoshinori mengatakan, tujuannya menemui Jokowi ialah untuk mempererat hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia yang telah terjalin selama 55 tahun. Bentuk konkretnya akan digelar pertandingan sumo pada 24 hingga 25 Agustus 2013 besok.

"Indonesia jadi negara pertama kami mengadakan pertandingan di luar negeri karena kita memiliki kedekatan, baik sejarah atau diplomatis," ujarnya.

Dia berharap, pertandingan tersebut menjadi pertanda hubungan yang baik antardua negara. Usai sang Dubes memberi keterangan, Jokowi sambil diapit dua atlet sumo dengan bobot 170 dan 150 kilogram mengapresiasi pertandingan tersebut. Jokowi mengatakan, jika tidak ada aral melintang, ia akan menghadiri pertandingan itu.

"Saya itu salut dengan masyarakat Jepang yang dapat menjaga budayanya yang berusia ratusan tahun. Sumo ini kan bukan sekadar olahraga, tapi juga ada upacara sakralnya sendiri," tambahnya.

Diapit oleh dua atlet sumo profesional, Jokowi sempat berkelakar. "Ya iya lah (saya lebih kecil). Ini 170 kilogram, yang ini 150 kilogram, nah saya 54 kilogram," ujarnya sambil disambut tawa oleh semua yang hadir di depan gedung Balaikota itu.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM