Kemarin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Sarwo Handayani dilantik menjadi Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup. Selain Sarwo, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Sylviana Murni dilantik menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata. "Nanti segera dicari penggantinya. Untuk sekarang memang kosong," kata Jokowi.

Selain jabatan Kepala Bappeda dan Asisten Pemerintahan yang kosong, jabatan lain yang kosong dan dipegang pelaksana tugas adalah Sekretaris Daerah; Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman; Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan; serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakata I Made Karmayoga mengatakan, saat ini masih dilakukan uji kompetensi untuk jabatan sekretaris daerah. Sudah ada 12 nama yang mengikuti uji kompetensi, tetapi belum ada keputusan siapa yang akan terpilih.

"Untuk Kepala Bappeda dan Asisten Pemerintahan, kami secepatnya mencari pengganti. Sudah ada nama-nama calonnya, tinggal menunggu hasil seleksi," kata Made.

Menurut Made, kekosongan itu tidak akan banyak berpengaruh terhadap jalannya pelayanan dan pengambilan keputusan.

"Sistem sudah ada sehingga pelayanan tetap bisa dijalankan," ujarnya.

Pekerjaan rumah

Dua pejabat yang baru dilantik memiliki sederet pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Di bidang tata ruang dan lingkungan hidup, Sarwo Handayani bertugas menyukseskan program bangunan hijau atau ramah lingkungan di Jakarta.

"Kami juga perlu menegakkan aturan tata ruang. Harus dipastikan pembangunan di Jakarta sesuai dengan perencanaan tata ruang," kata Yani.

Adapun Sylviana bertugas menjadikan Jakarta sebagai tujuan wisata domestik dan internasional. "Nanti akan ada banyak karnaval dan acara berbasis budaya yang membuat Jakarta menjadi destinasi pariwisata," ujarnya. (FRO)