Senin, 22 Desember 2014

News / Megapolitan

Takbiran Idul Adha, Akan Ada Seribu Beduk di Jalanan Sudirman-Thamrin

Senin, 23 September 2013 | 20:14 WIB
Zico Nurashid Reza, Penjual bedug tengah melayani pembeli di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2013)


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Agama berencana menggelar Night Religius Festival pada tanggal 15 Oktober 2013 yang akan datang. Acara tersebut untuk memeriahkan hari raya Idul Adha 1434 H.

Ditemui di Balaikota, Senin (23/9/2013), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan, acara tersebut akan diselenggarakan sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, Jakarta.

"Nanti akan ada lebih dari 20 panggung di sepanjang jalan. Di sana juga akan disebar 1.000 beduk untuk meramaikan acara itu," ujar Jokowi, demikian nama Gubernur dikenal.

Di sejumlah panggung itu, lanjut Jokowi, beberapa tokoh akan diundang, baik di bidang agama maupun tokoh seni budaya berlatar Islami. Semisal, grup musik Kiayi Kanjeng, penyanyi Opick, dan penyanyi Sulis.

Jokowi ingin warga DKI menyambut hari Idul Adha 1434 H dengan berkualitas dan khidmat. Acara yang diselenggarakan oleh Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta itu, lanjut Jokowi, dimaksudkan agar Jakarta memiliki warna Islami, tidak melulu menyelenggarakan acara hura-hura seperti yang selama ini dilakukan. "Ini bukan pesta. Kita ingin tunjukkan, DKI Jakarta ini adalah kota yang religius, yang Islami," ujarnya. Rencananya, acara yang berlangsung dari sore hingga tengah malam tersebut akan diselenggarakan tanpa pungutan biaya sepeser pun terhadap warga. Jokowi berharap masyarakat menyambutnya. (C18-11)


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Eko Hendrawan Sofyan