Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Minta Maaf atas Gangguan Listrik akibat Trafo Meledak

Kompas.com - 03/10/2013, 09:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
— Manajer Senior Komunikasi Korporat Perusahaan Listrik Negara (PLN) Bambang Dwiyanto meminta maaf atas gangguan listrik akibat meledaknya trafo di Gardu Induk Cawang. Namun, tepat pukul 21.45, daerah-daerah yang mengalami pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan telah menyala.

"PLN mohon maaf atas kekurangnyamanan ini. Petugas PLN bergerak cepat mengalihkan pasokan listrik (manuver beban) ke daerah-daerah tersebut dari GITET lain di sekitar Cawang," kata Bambang Dwiyanto dalam keterangan persnya, Kamis (3/10/2013).

Bambang menuturkan, poses pengalihan beban berjalan lancar. Mulai dari pukul 21.00, daerah yang padam secara bertahap mulai menyala. Sekitar pukul 21.45 semua daerah tersebut telah menyala semua.

"Penyebab terjadinya gangguan di IBT 2 GITET Cawang masih diselidiki. GITET Cawang adalah salah satu pintu masuknya listrik dari sistem kelistrikan Jawa-Bali ke Jakarta. GITET Cawang terdiri dari dua IBT. Beban puncak Jakarta sekitar 5.500 MW," jelasnya.

Menurutnya, selain melalui GITET Cawang, Jakarta juga disuplai melalui GITET Depok, Bekasi, Gandul, Balaraja, Kembangan, dan Cibinong. Di samping itu juga ada PLTGU Muarakarang dan PLTU Tanjung Priok yang langsung memasok listrik ke Jakarta.

Salah satu trafo interbus di GITET Cawang terbakar pada Rabu, 2 Oktober 2013, sekitar pukul 19.54. Hal ini menyebabkan beberapa daerah mengalami pemadaman, yaitu Duren Tiga, Mampang, Taman Rasuna, Antasari, Cipinang, Pulomas, dan Manggarai. Total beban padam sekitar 270 megawatt (MW).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com