Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamis Pekan Ini, Jokowi Mulai Pembangunan MRT

Kompas.com - 07/10/2013, 18:33 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dijadwalkan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan konstruksi mass rapid transit  pada Kamis (10/10/2013). Seluruh proyek ditargetkan selesai pada akhir Desember 2017.

"Groundbreaking akan dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2013," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami dalam konferensi pers di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (7/10/2013).

Groundbreaking itu akan dilakukan di Dukuh Atas sisi barat Jalan Thamrin, tepatnya di Jalan Tanjung Karang, Jakarta Pusat. Lokasi tersebut akan menjadi Stasiun MRT Dukuh Atas.

Dono menjelaskan, pekerjaan konstruksi awal yang dilakukan PT MRT Jakarta adalah memperkuat dinding tanah (slope protection) agar tanah atau jalan yang ada di atasnya tetap kuat dan tidak bergeser saat penggalian. Nilai proyek MRT mencapai 1,5 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 17 triliun. Masa pengerjaan konstruksi dimulai pada Oktober 2013.

"Kami menargetkan pengerjaan itu akan selesai Desember 2017. Kuartal awal tahun 2018, MRT-nya sudah dapat beroperasi," kata Dono.

Pekerjaan proyek MRT Jakarta dilakukan dalam delapan paket, yaitu tiga paket konstruksi layang (surface section), tiga paket konstruksi bawah tanah (underground), dan dua paket railway system and trackwork rolling stock (kereta). Seluruh paket konstruksi bawah tanah sudah selesai dan kontraktornya telah siap melakukan proses konstruksi mulai bulan ini. Adapun proses tender paket konstruksi layang telah selesai dan saat ini sedang proses kontrak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com