Jokowi Prihatin Lihat Waduk Rawa Lindung - Kompas.com

Jokowi Prihatin Lihat Waduk Rawa Lindung

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 18/11/2013, 13:01 WIB
KOMPAS.com/FABIAN JANUARIUS KUWADO Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Waduk Tomang Barat, Grogol, Jakarta Barat, Jumat (27/9/2013). Waduk itu akan dinormalisasi seusai penataan Waduk Pluit dan Waduk Ria Rio.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau Waduk Rawa Lindung, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Waduk tersebut merupakan pemicu banjir 4 RW di permukiman sekitar waduk.

Jokowi, ditemani Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Manggas Rudi Siahaan beserta Wali Kota Jakarta Selatan, Syamsudin Noor datang ke waduk sekitar pukul 11.00. Kedatangan mereka disambut antusiasme masyarakat di sekitar waduk itu.

Jokowi, Manggas dan Syamsudin Noor sempat menyusuri tepi waduk seluas 1 hektare tersebut bersama perwakilan warga. Mereka berbincang sekitar 10 menit. Setelah bincang-bincang, Jokowi mengaku menggali informasi soal waduk itu dari warga.

"Kita akan normalisasi waduk ini. Selain itu kita tambah lagi luas waduk menjadi 4.000 meter supaya nampung air," ujar Jokowi, Senin (18/11/2013) siang.

Dari warga, Jokowi mengaku prihatin atas kondisi waduk tersebut. Selain karena sebagian besar area waduk tertutup oleh eceng gondok, sudah 25 tahun lebih waduk tak tersentuh normalisasi. Tidak heran kala hujan tiba, air melimpas ke empat RW di sekitarnya.

"Sekarang paling dalamnya enggak sampai 1 meter. Nanti dikeruk, dibersihkan. Di dalamnya nanti dibikin sampai enam meter," ujarnya.

Kedatangan Jokowi dan pejabat lainnya mendapat sambutan positif dari warga. Ada warga yang nyeletuk baru kali ini ada pejabat setingkat gubernur mendatangi dan memperhatikan waduk yang memiliki luas tidak terlalu besar, tapi penting itu.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM