Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Gelandangan Kedapatan Miliki Uang Rp 19 Juta

Kompas.com - 19/05/2014, 20:05 WIB
Robertus Belarminus

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Mike (35) tampak tak nyaman dan resah saat ditemui di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) II, Cipayung, Jakarta Timur. Beberapa kali, ia meminta diantar pulang ke rumah ibunya, yang disebut berada di wilayah Tangerang.

Perempuan yang diduga menderita gangguan jiwa ini dititipkan di panti tersebut setelah terjaring razia rutin petugas Sat Pol PP di kawasan Jakarta Barat bulan Mei lalu. Yang mengejutkan, ketika dirazia Mike kedapatan memiliki uang Rp 19.066.000 yang disimpan di dalam kantong plastik hitam.

Perempuan itu sempat menghuni panti PSBL I, di Kedoya, Jakarta Barat, sebelum dipindahkan ke Cipayung. Mike tidak dapat menjawab dengan pasti dari mana ia memperoleh uang belasan juta itu. Mike selalu memberikan jawaban yang berubah.

"Uang itu dari Joni, suami saya. Buat beli mobil," kata Mike, saat ditemui di panti tersebut, Senin (19/5/2014).

Namun, jawaban berubah ketika ditanya lagi. Mike mengatakan, uang itu merupakan hasil tabungannya selama bekerja di luar negeri sebagai TKW dengan gaji Rp 3.000.000 per bulan.

"Saya punya paspor. Pernah ke bandara (Soekarno-Hatta). Uangnya saya kumpulin dari kerja di luar negeri," ujar Mike.

Mike juga tidak mengingat di mana kampung halamannya. Ia hanya menyebut Desa Sindang Barang, Jawa Barat. Sementara itu suaminya, kata Mike, berada di Semarang, Jawa Tengah.

Kepala PSBL II Andi Muchdar mengatakan, sejak awal dipindahkan ke panti tersebut, Mike kerap bertindak agresif terhadap petugas. Pihaknya sempat mengisolasi Mike terpisah dari warga binaan lainnya.

"Dulu sempat sering ngamuk, agresif, dan tiba-tiba suka nyerang atau nendangin meja. Jadi kita isolasi dan diberikan treatment obat penenang," kata Andi.

Selama menjalani perawatan, lanjut Andi, pihaknya mengamankan uang tersebut dari Mike sampai identitasnya terungkap. "Kita akan memberikan uang itu setelah dia dapat menguasai dirinya. Saat ini, kita berusaha supaya dia bisa tenang dan tidak cemas," ujar Andi.

Sampai saat ini, lanjut Andi, pihaknya mengatakan, mengalami kesulitan mengetahui identitas dan keluarga Mike sebab selain tidak memberikan jawaban yang pasti, tidak ditemukan juga identitas yang melekat pada tubuh perempuan itu.

"Identitasnya tidak ada. Dia ditemukan di pinggir jalan di daerah Jakarta barat. Waktu itu lagi bawa kantong keresek hitam isinya uang Rp 19.066.000," ujar Andi.

Dokter Juniar dari klinik PSBL II mengatakan, Mike saat ini memerlukan penanganan khusus untuk menguak siapa identitas dan keluarga yang bersangkutan.

"Sampai saat ini dia masih susah untuk kita ajak komunikasi. Pasien seperti ini biasanya bisa pulih kalau sudah ada keluarga yang datang," ujar Juniar.

Namun, hingga kini, belum ada keluarga yang mendatangi panti tersebut. Menurutnya, penyebab Mike memiliki masalah kejiwaan juga belum diketahui.

Untuk memeriksa kejiwaan Mike, pihaknya akan membawa ke Rumah Sakit Khusus Duren Sawit. Jika hasilnya dianggap baik, Mike akan dikembalikan ke panti untuk diberikan pelayanan kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com