Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertibkan PKL, Ahok Ingin Pakai Teknik "Macan Nangkap Rusa"

Kompas.com - 11/06/2014, 10:41 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan ide dari Animal Planet untuk mengatasi para pedagang kaki lima (PKL) yang sulit ditertibkan. Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu, cara pengerahan petugas dalam jumlah besar yang didahului dengan surat peringatan tidak efektif.

Basuki mengungkapkan, dari acara Animal Planet, ia mendapat inspirasi teknik macan menangkap rusa.

"Kamu pernah nontonin Animal Planet, enggak? Macan kalau mau nangkap rusa itu tidak pernah nyerbu rusa yang lagi dalam satu kelompok gede. Tapi, dia intai yang mana yang lagi sendirian di pinggir," katanya di Balaikota Jakarta, Rabu (11/6/2014).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, teknik itulah yang rencananya akan ia terapkan dalam penertiban PKL. Nantinya, petugas akan menertibkan PKL secara bertahap dalam skala kecil dan akan dilakukan secara tak terduga.

"Patrolinya tidak usah naik mobil gede, tapi mobil kecil aja. Begitu ada yang jualan, ya kita langsung jarah aja (barangnya). Bikin mereka kacau aja. Kami teror mereka kalau cara jualannya seperti itu," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com