Mapala UI Gelar "UI Run for River" - Kompas.com

Mapala UI Gelar "UI Run for River"

Fitri Prawitasari
Kompas.com - 15/06/2014, 08:48 WIB
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Peserta UI Run For River di Kampus UI, Depok Jawa Barat, Minggu (15/6/2014)
JAKARTA, KOMPAS.com - Hiruk pikuk terjadi di Boulevard Universitas Indonesia, Minggu (15/6/2014) pagi. Dengan setelan kaus, celana training dan sepatu olah raga, mereka adalah para peserta lari yang bertajuk UI Run for River.

UI Run for River merupakan acara tahunan yang digagas Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia. Kegiatan ini adalah sebuah gerakan untuk menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap sungai Ciliwung kepada masyarakat dengan cara berlari.

"Tapi sekarang berlarinya di dalam (area kampus) UI, ada tiga kategori, 5, 10 dan 21 kilometer," kata salah satu panitia, Fariska.

Adapun selain berlari, setiap peserta yang ikut akan menyumbangkan 10 persen dari biaya pendaftaran untuk program adopsi sungai, yaitu membagi-bagi daerah bantaran sungai berdasarkan wilayah RW untuk dapat diadopsi oleh pihak-pihak yang disebut sebagai adopter.

Adopter terdiri dari masyarakat sekitar, perusahaan dan komunitas Ciliwung untuk menjalankan program sesuai dengan permasalahan di wilayah yang diadopsi selama tiga tahun. Program akan dilaksanakan di sekitar hulu Sungai Ciliwung Cisarua berupa penghijauan hulu Sungai Ciliwing.

Tepat pukul 06.00, Wakil Rektor Universitas Indonesia Bagian Akademik Bambang Wibawarta, Ketua Majelis Wali Amanat Eri Riana, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI Arie Soesilo, membuka acara ini. Mereka akan melewati rute diantaranya menara air, stadion UI, gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa), danau, hutan, serta lapangan rotunda.

PenulisFitri Prawitasari
EditorHindra Liauw
Komentar

Close Ads X