Orang Asing Ramaikan "UI Run for River" - Kompas.com

Orang Asing Ramaikan "UI Run for River"

Fitri Prawitasari
Kompas.com - 15/06/2014, 09:06 WIB
KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Peserta asing UI Run For River asal Kenya di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Minggu (15/6/2014)
JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang lari UI Run for River pada hari Minggu (15/6/2014) di Kampus UI, Depok, turut diikuti oleh orang asing. Mereka, di antaranya, Dennis dan Samir. Keduanya, yang merupakan warga negara Nigeria, lari sejauh 21 kilometer.

"Acaranya bagus, dan (tempatnya) tak ada polusi. Kami mengapresiasi acara ini sebagai ajang kepedulian terhadap lingukungan hidup," kata Dennis.

Acara UI Run for River acara acara lari yang bertujuan menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap sungai Ciliwung. Dennis menuturkan, sangat menikmati berlari di dalam lingkungan UI ini.

Sedangkan Samir mengungkapkan, ini merupakan pertama kali dia ikut serta. "Tidak, tahun lalu kami tidak ikut. Kami senang karena pagi hari disini udara sangat segar," ujarnya.

Adapun Dennis mencapai garis finish di urutan pertama sedangkan Samir di tempat kedua. UI Run for River merupakan acara tahunan yang digagas Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia.

Selain berlari, setiap peserta yang ikut akan menyumbangkan 10 persen dari biaya pendaftaran untuk program adopsi sungai, yaitu membagi-bagi daerah bantaran sungai berdasarkan wilayah RW untuk dapat diadopsi oleh pihak-pihak yang disebut sebagai adopter.

Adopter terdiri dari masyarakat sekitar, perusahaan dan komunitas Ciliwung untuk menjalankan program sesuai dengan permasalahan di wilayah yang diadopsi selama tiga tahun. Program akan dilaksanakan di sekitar hulu Sungai Ciliwung Cisarua berupa penghijauan hulu Sungai Ciliwung.

PenulisFitri Prawitasari
EditorHindra Liauw
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM