Festival Jakarta Great Sale Untungkan Pemprov DKI - Kompas.com

Festival Jakarta Great Sale Untungkan Pemprov DKI

Wardah Fajri
Kompas.com - 19/07/2014, 21:21 WIB
Wardah Fajri Ilustrasi foto: Festival Jakarta Great Sale

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2014 resmi ditutup Sabtu, 19 Juli 2014. Pesta diskon di pusat belanja/mal Jakarta ini menguntungkan Pemda DKI.

"Yang diuntungkan Pemda DKI, parkir naik, makanan dan minuman pajaknya naik, hasilnya bisa dilihat nanti di akhir tahun, dan harapannya ke depan bisa menarik investor luar negeri," kata Handaka Santosa, Ketua Umum APPBI dan Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2014.

FJGS yang mendorong kenaikan jumlah pengunjung mal/pusat belanja, juga peningkatan penjualan dan nilai transaksi retailer turut berkontribusi terhadap kenaikan pendapatan pajak daerah.

APPBI melaporkan selama 1,5 bulan pelaksanaan FJGS 2014, tercatat transaksi ritel sekitar Rp 13,5 triliun.

"Angka ini naik 10 persen dibanding tahun lalu yang tercapai Rp 11,8 triliun, namun menurun dibanding tahun sebelumnya kerena kebijakan bunga tinggi," kata Handaka.

Kenaikan transaksi ritel di pusat belanja Jakarta ini tak lepas dari momen pelaksanaan pesta diskon yang bertepatan dengan liburan sekolah anak dan Ramadhan. Bukan hanya transaksi ritel yang naik, kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Jakarta untuk belanja pun meningkat.

Sebanyak 9.100 retailer anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) pun berharap FJGS dapat menjadi barometer pengembangan ritel secara nasional, sehingga bisa meningkatkan transaksi perdagangan, hiburan, rekreasi.

Pada akhirnya, FJGS bukan hanya bisa meningkatkan pendapatan daerah tapi juga devisa negara, kalau Jakarta sebagai kota ikon belanja bisa mengalahkan program pesta diskon serupa di Asia.

Hal itu diamini oleh Asisten Perekonomian dan Sekretaris DKI Jakarta Hasan Basri Saleh mewakili Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuka Tjahaja Purnama.

"FJGS sudah menjadi ikon HUT Jakarta yang semoga bisa go internasional," katanya dalam penutupan FJGS 2014 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

FJGS 2014 yang memasuki tahun keenam ini berlangsung sejak 7 Juni sampai 19 Juli 2014. Pesta diskon di 75 mal di Jakarta ini merupakan bagian dari perayaan HUT DKI Jakarta ke-487.

Setiap tahun, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) selaku penyelenggara, mengadakan FJGS untuk memeriahkan HUT Jakarta. Karenanya, pusat belanja Jakarta serempak menggelar belanja diskon pada Juni hingga Juli.

PenulisWardah Fajri
EditorAna Shofiana Syatiri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM