Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Ruas Tol Diyakini Bisa Urai Kemacetan

Kompas.com - 02/09/2014, 15:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah yakin enam ruas jalan tol dalam kota akan dapat mengurai kemacetan di ibu kota. Menurut Saefullah, keberadaan enam ruas jalan tol dapat mempersingkat waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain.

"Orang dari Jakarta Barat yang mau ke Jakarta Timur tidak terhalang lampu merah. Yang punya rute dari barat ke timur, atau selatan ke utara bisa bebas jalan," kata Saefullah, di Balaikota Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Tak hanya itu, seperti yang telah direncanakan, keenam ruas jalan tol nantinya juga akan dilengkapi dengan jalur busway. Hal ini ditujukan untuk mengakomodasi penumpang transjakarta.

"Akan ada selter di sepanjang tol. Nanti naik turun ke selternya pakai eskalator. Akan kita bangun sebaik mungkin estetikanya," ujar dia.

Enam ruas jalan tol yang akan dibangun di Jakarta, yakni ruas Semanan-Sunter sepanjang 20,23 kilometer dengan nilai investasi Rp 9,76 triliun; Sunter-Pulogebang sepanjang 9,44 kilometer dengan nilai investasi Rp 7,37 triliun; dan Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 12,65 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,96 triliun.

Kemudian Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,60 kilometer dengan nilai investasi Rp 6,95 triliun; Ulujami-Tanah Abang dengan panjang 8,70 kilometer dengan nilai investasi Rp 4,25 triliun; dan Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,15 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,71 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com