Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selesai Dibongkar, Puing Sisa Bangunan Masih Dibersihkan

Kompas.com - 04/09/2014, 19:58 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktivitas pembongkaran bangunan di kawasan Fatmawati, Jakarta, terkait pembangunan jalur mass rapid transit (MRT) memang sudah selesai. Namun hal ini tak berarti aktivitas mantan pemilik lahan tersebut juga selesai. 
 
Deretan ruko yang terletak di seberang Pasar Blok A, Jakarta Selatan, masih dikerumuni banyak orang. Dengan peralatan seadanya, mobil pick up, lori kecil, palu godam dan tangan kosong, mereka bahu-membahu membersihkan lahan dari puing bangunan.

"Sekarang udah tinggal sedikit. Kalau kemarin kan pake buldozer. Makanya macet parah," kata salah seorang saksi mata yang berada di seberang lokasi kejadian. 

 
Debu-debu bangunan pun bercampur dengan debu kendaraan bermotor. Udara panas pun bercampur dengan debu. Deretan puing ruko dua lantai ini pun nampak "gersang" dan berantakan. Namun di depannya, genting-genting besar tertata rapih bersandar di tiang listrik.

Kayu-kayu panjang yang digunakan sebagai penyangga bangunan pun dikumpulkan satu per satu dan diangkut naik ke atas mobil pick up. Namun, di bagian atas ruko ternyata masih ada atap seng dan kayu penyangga yang belum terlepas sempurna. Atap seng ini menggantung ke bawah. 

 
Di tengah carut marut puing-puing bangunan di semua bagian ruko, sebuah bendera kuning terikat di tiang listrik. Satu benderanya lagi terikat di atas tumpukkan susunam genting di pinggir jalan.

"Yang punya ruko kemarin sore meninggal, lemah jantung," kata saksi mata yang sehari-hari selalu berada di depan ruko tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com