Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendadak, Unas Tes Urine dan Rambut Mahasiswanya

Kompas.com - 16/09/2014, 09:33 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Untuk menghindari adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus, pihak Universitas Nasional (Unas) menggelar sidak pemeriksaan narkoba untuk seluruh sivitas akademikanya, Selasa (16/9/2014).

"Ini adalah acara rutin yang dilakukan kampus, satgas antinarkoba kampus, dan BNN," kata Dian Metha Ariyanti, Kepala Humas Universitas Nasional, kepada Kompas.com, Selasa (16/9/2014).

Metha mengatakan, sidak narkoba ini dilakukan dengan cara tes urine dan pemeriksaan rambut. Sidak ini merupakan kelanjutan dari penemuan narkoba di lingkungan kampus beberapa waktu lalu. Oleh karenanya, pemeriksaan ini dilakukan secara diam-diam atau silent operation.

"Kalau jadwalnya dikasih tahu, nanti banyak yang enggak mau ikut," katanya.

Mekanisme pelaksanaannya akan dilakukan di setiap kelas. Semua mahasiswa di setiap kelas ini diwajibkan untuk menjalani tes narkoba. Tes ini dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

"Tesnya sebenarnya diprioritaskan untuk mahasiswa di semester III ke atas," ujarnya.

"Kalau mahasiswa baru kan mereka sudah menjalani rangkaian tes, termasuk tes narkoba sebelum jadi mahasiswa baru. Tapi mereka tetap akan diperiksa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com