Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut UMP DKI Jadi Rp 3 Juta, Buruh Ancam Tutup Tol

Kompas.com - 21/10/2014, 11:17 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Para buruh dari kelompok Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) menggelar aksi demonstrasi di depan Balaikota Jakarta, Selasa (21/10/2014). Kedatangan mereka bertujuan untuk menuntut upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2015 naik menjadi Rp 3 Juta.

Orator aksi, Solihin, mengatakan, kenaikan UMP di Jakarta perlu dilakukan karena semakin tingginya biaya hidup di Jakarta. Ia pun berharap Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dapat merealisasikan hal tersebut.

"Kami mohon Pak Ahok yang saat ini berstatus pejabat sementara dan tak lama lagi menjadi pejabat tetap bisa merealisasikan kenaikan upah buruh sebesar 30 persen di Jakarta," ujar Solihin di depan ratusan demonstran.

Menurut Solihin, aksi demo yang dilakukan pada Selasa ini merupakan permulaan. Sebab, Rabu besok, mereka berencana akan kembali menyambangi Balaikota dengan jumlah massa yang lebih besar. Menurut dia, besok adalah hari penentuan upah yang akan diputuskan oleh Pemerintah Provinsi DKI dan dewan pengupahan.

Solihin berujar, apabila tuntutan tidak dipenuhi, mereka mengancam akan melakukan aksi tutup tol. "Hari ini cuma pemanasan. Besok, kita akan ada tambahan rekan-rekan dari Bekasi dan Tangerang. Kami harap permintaan kami dipenuhi. Kalau tidak, kami akan tutup tol," ujar Solihin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com