Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tips Menulis Opini dari Budiarto Shambazy

Kompas.com - 22/11/2014, 17:23 WIB
Fathur Rochman

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wartawan senior KOMPAS, Budiarto Shambazy, memberikan beberapa tips cara menulis opini yang baik bagi para Kompasianer. Tips ini diberikan Budiarto dalam acara Kompasianival 2014, di Sasana Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (22/11/2014).

"Harus berani menulis. Cari angle tulisan yang seksi," ujar pria yang akrab disapa mas Sham tersebut.

Sham mengatakan jika ingin menjadi seorang penulis opini, disarankan memiliki pengalaman memadai sebagai seorang reporter atau editor. Menurutnya, penulis opini harus memiliki integritas yang dipercaya untuk menulis opini yang berimbang, obyektif, dan adil.

Menurut Sham, penting bagi penulis opini untuk menggunakan bahasa yang bisa menyampaikan emosi, membangun rasa percaya, mencerahkan, dan mengklarifikasi isu. Sehingga, nantinya akan tercipta sebuah tulisan opini yang menarik. "Opini harus dibuat seobjektif mungkin," kata dia.

Sham menambahkan, dalam membuat sebuah tulisan opini, carilah topik yang menarik dan mengandung hal-hal baru yang layak untuk dikemukakan. Untuk itulah, dia menyarankan agar para Kompasianer untuk memperbanyak referensi penulis untuk memperkaya bahasa dan paham bagaimana mengangkat topik yang menarik.

"Jangan cari referensi cuma di Indonesia saja. Cari dari luar juga," ucap Sham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com