Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Komplotan Pemalsuan Buku Kir Beraksi di Jakarta Timur

Kompas.com - 26/11/2014, 15:28 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sub Direktorat Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap kawanan pembuat buku kir palsu. Mereka adalah komplotan pembuat buku kir palsu dari Cakung, Jakarta Timur.

"Di Cakung, ada sebuah rumah yang digunakan untuk membuat kir palsu," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (26/11/2014).

Menurut Rikwanto, polisi mendapatkan informasi pembuatan buku kir palsu dari masyarakat. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata infomasi tersebut benar. Polisi meringkus BN (41), TS (19), dan NB (25) di sebuah rumah kontrakan.

Rikwanto mengatakan, dalam aksinya, BN berperan sebagai penulis buku kir sekaligus menandatangani dan memberi cap. TS berperan sebagai tukang ketok pelat uji kendaraan bermotor.

Sedangkan NB berperan sebagai pengetik buku kir. Ada tiga orang lagi yang belum tertangkap. Mereka adalah AR, AK, dan NA.

AR dan AK bertugas sebagai penyedia buku kir. Sedangkan NA, berperan sebagai pencari konsumen di tempat uji kir Ujung Menteng.

Bersamaan dengan ditangkapnya tiga orang tersebut, polisi juga mengambil barang bukti seperti satu unit komputer, 350 buku kir warna biru, dan 900 pasang pelat tanda uji berkala.

Selain itu polisi juga mengambil 50 buah huruf ketok pelat, 10 lembar stiker hologram IBM, 80 kartu izin usaha dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan 100 buah stempel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com