Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh: Jakarta Sasaran Empuk Investasi, tetapi Gaji Buruhnya Kalah sama Bekasi

Kompas.com - 26/11/2014, 17:51 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Buruh melakukan unjuk rasa menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di depan Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2014).

Menurut mereka, UMP sebesar Rp 2,7 juta terlalu kecil. Para buruh juga membandingkan UMP DKI dengan daerah-daerah lain di sekitarnya. [Baca: Tak Bisa Bertemu Ahok, Buruh Bikin Bising Jalan Medan Merdeka Selatan]

"Kami tuntut naik jadi Rp 3,2 juta, masa segini-segini saja? Jakarta sasaran empuk investasi, tetapi gaji buruhnya kalah sama Bekasi," teriak orator. Buruh heran karena Jakarta yang biaya hidupnya semakin tinggi tetapi UMP-nya di bawah Bekasi. Adapun UMP Bekasi sebesar Rp 2,9 juta.

Para buruh yang telah berkumpul di depan Gedung DPRD itu dipersilakan masuk untuk menemui anggota Fraksi Gerindra, M Taufik. Sedangkan massa di luar menyetel musik dangdut sambil bernyanyi dan berjoget.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebelumnya telah menetapkan UMP DKI sebesar Rp 2,7 juta. Hal tersebut didasarkan pada dua opsi rekomendasi UMP 2015 DKI dari Dewan Pengupahan DKI.

Opsi pertama mengacu pada usulan para buruh, dengan nominal usulan upah minimal Rp 3,574 juta. Sedangkan opsi kedua adalah berdasarkan usulan pemerintah yang didukung pengusaha, senilai Rp 2,693 juta. Nilai itu diajukan dengan melihat survei kebutuhan hidup layak (KHL) sebesar Rp 2,538,174,31 ditambah perkiraan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,13 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com