Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Miras Racikan EH di Cakung Bisa Sebabkan Kebutaan

Kompas.com - 16/12/2014, 18:07 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta, Dewi Prawitasari, menjelaskan kandungan dari minuman keras buatan EH, pembuat miras di Cakung, Jakarta Timur.

Selain air dan alkohol, minuman keras itu juga mengandung metanol. "Metanol itu bukan untuk dikonsumsi manusia. Kalau bahasa sehari-hari kita namanya spirtus," ujar Dewi di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (16/12/2014). [Baca: Miras Oplosan Itu Dibuat di Toilet]

Dewi mengatakan, metanol yang juga bahan baku formalin, dapat menimbulkan kebutaan hingga menyebabkan meninggal dunia jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, alkohol yang digunakan EH sebagai bahan minuman kerasnya juga berbeda dengan alkohol yang boleh dikonsumsi.

Alkohol yang digunakan EH biasanya dipakai untuk kegiatan industri. Apalagi, kandungan metanol dan alkohol yang dibuat EH dibuat dalam takaran yang tidak beraturan. [Baca: Tersangka EH Mengaku Ikut Minum Miras Oplosan Racikannya]

EH beserta pekerja pembuat miras lain ditangkap oleh tim kepolisian Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya di Cakung, Jakarta Timur. Dalam penggerebekan ini, polisi menyita barang bukti berupa 10.200 botol miras yang sudah terisi dan 10.000 botol miras kosong.

Selain itu, polisi juga menyita tiga drum alkohol, 10 bungkus sari manis, dua botol karamel, dan satu dus perasa orange crush.

Kemudian disita juga satu buah alat pengukur kadar alkohol, satu unit mesin pres tutup botol, alat pengaduk, filter penyaring air, lem perekat label, selang, ember, saringan, kertas label Brandy, kertas label Whisky, surat jalan, dan stempel.

Atas perbuatannya, Edward cs dikenakan tiga pasal berlapis. Di antaranya, Pasal 136 j.o Pasal 75 ayat 1 UU RI Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Kemudian, Pasal 62 ayat 1 j.o Pasal 8 ayat 1a dan Pasal 9 ayat 1c UU RI Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Mereka juga dikenakan Pasal 204 KUHP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com