Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djarot: Semua Pasar Tematik Ada di Jakarta Timur

Kompas.com - 20/01/2015, 19:01 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyoroti kondisi pasar tradisional di Jakarta Timur. Menurut dia, semua pasar-pasar induk yang menjual berbagai macam barang dagangan yang bervariasi ada di Jakarta Timur sehingga perlu perhatian khusus.

"Di Jakarta Timur ini pasar induk memang harus dapat perhatian khusus. Pasar beras ada di Cipinang, buah sayur di Kramatjati, Pasar Gembrong itu pasarnya mainan, pasar batu akik juga ada, berarti yang tematik ada di sini semua," kata Djarot, Selasa (20/1/2015).

Perhatian yang dimaksud oleh Djarot lebih kepada sumbangsih masyarakat untuk penataan dan pengelolaan pasar-pasar tersebut. Tidak cukup hanya dengan upaya dari pemerintah untuk memajukan pasar tradisional, melainkan pedagang yang berjualan juga harus minimal menjaga kebersihan dan keamanan pasar.

"Pedagang itu bisa menata pasar, ya nggak? Tidak bisa pemerintah saja yang turun tangan. Bantu pak wali, pak camat, bantu kita semua," ujar dia.

Upaya yang akan dilakukan pemerintah daerah sendiri, aku Djarot, akan membuat pasar-pasar tematik lebih terpusat di beberapa tempat. Hal tersebut dilakukan agar pengawasan dan pengelolaannya menjadi lebih mudah.

Djarot mencontohkan keberadaan pasar ayam yang banyak tersebar di seluruh Jakarta. Apabila pasar-pasar ayam tersebut dikumpulkan ke dalam sebuah lokasi sebagai sentra penjualan ayam, maka kualitas ayam yang dijual pun akan lebih terkontrol.

"Penanganannya nanti jadi jauh lebih mudah. Baru setelah jadi sentra, didistribusikan ke pasar-pasar lain," jelas mantan wali kota Blitar ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com