Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Aktif, Call Center Polri Jarang Berdering

Kompas.com - 06/04/2015, 13:44 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat masyarakat membutuhkan bantuan kepolisian, Polri sebenarnya telah menyiapkan layanan call center yang dapat diakses kapan saja. Namun, layanan darurat tersebut ternyata jarang dimanfaatkan oleh warga.

Adalah layanan call center 110 yang disediakan Polri untuk membantu masyarakat di kondisi darurat. Namun, menurut Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Daniel Pasaribu, akhir-akhir ini call center tersebut jarang berdering.

"Call center 110 masih aktif meskipun jarang digunakan masyarakat," ujar Daniel kepada Kompas.com, Senin (6/4/2015).

Daniel menilai, call center 110 tidak terlalu aktif digunakan lantaran belum terintegrasinya layanan tersebut dengan seluruh kepolisian daerah (polda) di Indonesia. Karena itu efektivitas layanan itu masih belum optimal.

"Call center ada di Mabes Polri, Polda tidak ada," ujar Daniel. Namun, untuk menunjang layanan call center, masyarakat yang menelepon akan langsung disambungkan ke kepolisian resor (polres) atau kepolisian sektor (polsek) tempat aduan diajukan.

"Memang call center itu aktif untuk polres dan polsek," kata Daniel.

Diketahui, call center 110 sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Akhir Januari 2013 lalu, Wakil Kepala Polri saat itu, Komisaris Jenderal Nanan Sukarna, mengaktifkan kembali call center 110.

Menurut Daniel, layanan call center 110 perlu kembali disosialisasikan. Sebab layanan tersebut mampu mempermudah pengaduan masyarakat kepada polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com