Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Kos Dirazia, Petugas Hanya Mendata Penghuni

Kompas.com - 28/04/2015, 12:35 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Petugas Satpol PP berkali-kali menggedor beberapa kamar di rumah kos Jalan Dwi Warna, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (28/4/2015). Pasalnya, kamar tak kunjung dibuka saat petugas ingin merazia identitas penduduk penghuni rumah kos.

"Buka-buka. Saya petugas mau menjalankan amanah perda, kalau enggak saya buka paksa," ujar Henry Perez Sitorus, Camat Sawah Besar, Selasa pagi.

Tak berselang lama, pemilik rumah kos pun turun dari lantai paling atas rumah kos. Ia kemudian memberikan kunci cadangan kamar kos. "Kalau bisa dibuka dari luar enggak ada kuncinya, Pak," kata pemilik rumah kos yang enggan namanya disebut.

Benar saja, saat pintu kamar dibuka ternyata penghuni memang sedang tidak berada di tempat. Petugas pun tak bisa berbuat apa-apa.

Berpindah ke kamar lainnya, petugas mendapati beberapa orang yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta. Namun, mereka juga hanya didata dan diminta mengurus surat keterangan domisili sementara (SKDS).

Selain itu, petugas juga hanya mendapati beberapa pasangan yang bukan suami istri. Mereka pun hanya mengaku tinggal sementara. "Bukan mesum, Pak. Saya cuma nginep aja," kata penghuni kos laki-laki.

Petugas pun tak puas dengan jawaban kedua orang tersebut. Mereka akhirnya digelandang ke Pos Rukun Warga yang terletak di depan rumah kos. "Bawa ke dalam buat diberikan pengarahan," tutur Henry.

Kendati demikian, tak semua penghuni rumah kos yang digelandang. Ada sebagian yang langsung meninggalkan tempat dengan mobilnya. Pantauan Kompas.com, razia rumah kos di Sawah Besar banyak mendapati penghuni yang tidak memiliki KTP Jakarta. Mereka pun tak memiliki SKDS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com