Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecewa terhadap Parpol, Publik Jakarta Ingin Pilih Cagub dari Independen

Kompas.com - 07/05/2015, 21:37 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga DKI cukup antusias jika ada calon gubernur di Pilkada DKI 2017 nanti lewat jalur independen. Tak tanggung-tanggung, warga yang bersedia memilih cagub dari jalur independen lebih dari 50 persen.

Dari survei yang dilakukan Cyrus Network, sebanyak 51 persen warga DKI bersedia memilih calon gubernur dari jalur independen. Sisanya 36,3 persen tidak bersedia dan 12,7 persen tidak menjawab.

Besarnya jumlah warga yang bersedia memilih cagub dari jalur independen mencerminkan besarnya kekecewaan masyarakat terhadap partai politik. Mereka menjadi lebih skeptis dan tidak percaya oleh partai politik.

"Saya rasa itu cermin terhadap ketidakpercayaan masyarakat terhadap parpol," kata pengamat politik Phillips J Vermonte, Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Apalagi, kata Phillips, preseden buruk makin terlihat dengan maraknya kasus korupsi yang melibatkan anggota partai politik di pemerintahan. Masyarakat jadi antipati terhadap keberadaan parpol untuk mengusung cagub di Pilkada DKI 2017.

"Retorika partai yang membuat masalah jadi rumit semakin membuat ketertarika masyarakat terhadap parpol jadi rendah," ucap Phillips. [Baca: Masyarakat Sarankan Ahok Maju Pilkada DKI lewat Jalur Independen]

Survei tersebut diselenggarakan pada 23-27 April 2015. Metode yang dilakukan adalah multistage random sampling. Responden tersebar secara proporsional di seluruh wilayah kelurahan DKI Jakarta dengan umur minimal 17 tahun.

Responden yang terpilih diwawancarai lewat tatap muka. Jumlah responden sebanyak 1.000 orang dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 3,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com