Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Hasil Tes Urine Positif, Pejabat DKI yang Baru Dilantik Segera Diganti

Kompas.com - 18/05/2015, 13:09 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Agus Suradika menegaskan, para pejabat eselon III dan IV yang hari ini baru saja dilantik bisa saja langsung dicopot dari jabatannya apabila tes urine yang mereka lakukan hari ini hasilnya positif menggunakan narkoba.

"Kalau ada yang positif, kita ganti, langsung. Tes urine ini untuk menunjukkan bahwa semua sehat," ujar Agus di Balai Kota, Senin (18/5/2015).

Secara total, ada 649 pejabat yang melakukan tes urine setelah pelantikan hari ini. Hasil tes urine ditargetkan keluar dalam waktu tiga hingga empat hari.

Agus menjamin tidak ada pejabat yang bisa melarikan diri dari pelaksanaan tes urine. Jika ada pejabat yang mencoba kabur, Badan Kepegawaian Daerah akan mengetahui dan akan mengejar pejabat tersebut. [Baca: Ahok Mendadak Perintahkan Tes Urine, PNS Kabur Diancam Dikejar]

"Pasti kita kejar. Kita punya daftar namanya. Nanti kan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) kasih daftar ke kita. Kalau ada yang enggak, kita kejar pastinya," ujar Agus.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali memerintahkan kepada 649 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov DKI melakukan tes urine. Tes urine ini untuk mengetahui apakah para pejabat yang baru saja dilantik ini terindikasi menggunakan obat-obatan terlarang atau tidak.

Kepala Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta Sapari Partodiharjo langsung mengambil alih standing microphone di atas panggung pelantikan.

"Bapak dan ibu pejabat eselon III yang baru dilantik untuk tinggal di tempat melaksanakan urine. Kami akan pisahkan bapak ibu eselon III dan IV, ingat, tidak boleh meninggalkan tempat," kata Sapari, di halaman Balai Kota pagi.

Para pejabat eselon III dan IV yang sudah berhamburan pun terlihat berlari kecil menuju lokasi pelantikan. Para pejabat yang tadinya sibuk melayani ucapan selamat dan berfoto dari rekan-rekannya langsung kembali serius untuk berbaris rapi di depan panggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com