Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufik: Semua Tergantung PDIP ...

Kompas.com - 25/05/2015, 19:46 WIB
Jessi Carina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik mengatakan, DPRD sulit memenuhi syarat kuorum hak menyatakan pendapat (HMP). Pasalnya, Fraksi PDI Perjuangan yang merupakan fraksi terkuat di DPRD tidak mendukung HMP.

"Soal kuorumnya ini yang saya bilang kuorumnya agak berat. Kalau PDIP enggak dukung kan, enggak kuorum. Kalau enggak kuorum, kan enggak bisa ambil putusan. Semua tergantung PDIP," ujar Taufik di gedung DPRD DKI, Senin (25/5/2015).

Taufik mengatakan, anggota Fraksi PDI Perjuangan bisa saja berbalik mendukung HMP. Asalkan, voting atau pemungutan suara saat paripurna dilakukan secara tertutup. Taufik pun yakin voting dapat dilakukan tertutup. Sebab, berdasarkan peraturan, penentuan keputusan yang berkaitan dengan orang lain harus dilakukan secara tertutup. Akan tetapi sebelum hal itu, anggota PDIP harus hadir terlebih dahulu dalam sidang paripurna tersebut. Jika tidak, kuorum sidang paripura HMP tidak bisa terpenuhi.

"Untuk mencapai ke paripurna ini, harus kuorum yaitu 3/4 dari 106 anggota Dewan. Kalau PDIP enggak masuk, enggak kuorum," ujar Taufik.

Taufik mengatakan sudah melakukan lobi-lobi dan proses tukar pikiran bersama dengan anggota Fraksi PDI Perjuangan. Akan tetapi, mereka tetap pada pendiriannya untuk menolak HMP.

"Ya masih kan tetap dia enggak mau HMP. Padahal yang saya maksud tadi forumnya diadain dulu. HMP-nya kan bisa peringatan saja. Mesti sabar lah pelan-pelan," ujar Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com