Datang pada HUT DKI, Bus Transjakarta Scania Disebut Senyaman Sedan - Kompas.com

Datang pada HUT DKI, Bus Transjakarta Scania Disebut Senyaman Sedan

Kurnia Sari Aziza
Kompas.com - 14/06/2015, 20:25 WIB
Alsadad Rudi Satu unit bus gandeng Scania bermesin gas Euro VI dengan karoseri aluminium, saat ditampilkan dalam acara demo di Monas, Jakarta, Kamis (8/5/2014)
JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengklaim 20 unit bus transjakarta bermerek Scania yang dibeli DKI dapat memberi kenyamanan sekelas sedan. Ia mengatakan, suspensi di masing-masing ban menggunakan teknologi electronic air suspension

"Teknik suspensi udara akan membuat bus transjakarta terasa berjalan mulus dan senyaman ketika menaiki mobil sedan," kata Kosasih, Minggu (14/6/2015). 

Puluhan bus itu berupa bus gandeng yang menggunakan enam ban bermerek Michelin. Bannya dirancang khusus untuk penggunaan dalam kota dan dapat menghemat bahan bakar gas (BBG).

Bus merek Scania ini dapat melintas hingga jarak 1,5 kilometer untuk setiap 1 liter BBG yang diisi. Sementara bus-bus transjakarta terdahulu yang bermerek Zhongtong, Yutong, dan Ankai hanya dapat melintas hingga 0,8 kilometer setiap 1 liter BBG-nya.

Bus transjakarta hanya perlu mengisi BBG pada pagi hari sebelum mengangkut penumpang. Selain itu, bus transjakarta merek Scania, kata dia, menggunakan kursi ergonomis bersertifikasi BASF.

"Selain tahan api, kursi-kursinya juga kuat dan ringan. Jadi tidak akan membuat penumpang pegal-pegal," kata Kosasih.

Terakhir, bus juga menggunakan teknologi auto safety door. Teknologi ini membuat bus tidak akan berjalan jika masih ada pintu yang terbuka.

Adapun 20 bus transjakarta merek Scania ini akan dipamerkan di Lapangan Monas tepat pada HUT ke-488 DKI Jakarta atau pada 22 Juni 2015 mendatang.

Sebanyak 20 unit bus berbahan bakar gas itu sendiri baru akan beroperasi di Jakarta pada pertengahan Juli 2015 setelah semua surat kendaraan beserta perizinan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rampung.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKurnia Sari Aziza
EditorDesy Afrianti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM